Strategi Penjualan Variasi Mobil Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus Toko Luxor Variasi Gorontalo)

Haditsah Annur

Abstract


Toko Luxor Variasi Mobil Gorontalo merupakan salah satu toko terbesar yang bergerak dibidang variasi mobil dengan produk utama seperti kaca film mobil, tape mobil, sarung jok mobil, dan aksesoris lainnya, dimana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Untuk dapat melakukan hal tersebut toko luxor variasi mobil membutuhkan strategi-strategi penjualan untuk dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan laba atau pendapatan perusahaan. Pada penelitian ini analisa data mining dilakukan dengan Teknik Clustering menggunakan metode K-Means. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mengelompokkan data produk yang terjual untuk mengetahui data yang memiliki potensi atau kecenderungan pelanggan dalam membeli barang tersebut. Hasil ini dapat digunakan untuk memberi saran pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan yaitu mengeliminasi produk dengan posisi cluster terbawah dan lebih memfokuskan pada produk dengan posisi cluster tertinggi.

Full Text:

PDF

References


Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Kursini, Luthfi, E. T., 2009, Algoritma Data Mining, Andi Offset, Yogyakarta.

Santosa, B. 2007. Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bahar. Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan Algoritma Fuzzy C-Means Semarang: Universitas Dian Nuswantoro; 2011

Ong. Johan Oscar, 2013, Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 12, No. 1, Juni 2013

Ramadhani, Rima Dias, 2014. Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Universitas Dian Nuswantoro. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

Wiwit Agus, Triyanto. 2015. Algoritma K-Medoids Untuk Penentuan Strategi Pemasaran Produk. Jurnal.

Bambang Hariyanto, (2004), Sistem Manajemen Basis Data, Informatika,

Bandung.

Jogiyanto, HM.,2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi : PendekatanTerstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta : Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Printed ISSN : 2597-9329
Online ISSN : 2597-9337

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Sekretariat : Kampus Universitas Ichsan Gorontalo Program Studi Teknik Elektro.

Jln. Drs. Achmad Najamudin No. 17 Kota Gorontalo. Gorontalo - Indonesia


Web
Analytics Stats